Kamis, 20 Februari 2014

Hati-hati Melakukan Bore Up Pada Motor

Otosia.com - Salah satu cara untuk meningkatkan performa motor adalah dengan melakukan bore up. Bore up sendiri merupakan peningkatan pada kapasitas mesin agar tenaga yang diproduksi meningkat. Namun, dalam melakukan bore up Anda perlu memerhatikan beberapa hal penting. Hal ini penting karena risiko mesin jebol dapat terjadi jika Anda salah dalam melakukan bore up.
Hal yang perlu diperhatikan pertama adalah seberapa besar Anda ingin menaikkan kapasitas mesin. Mesin dengan kapasitas besar memang memiliki performa yang mumpuni, namun kenali dulu tunggangan Anda apakah mampu dimodifkasi dengan kapasitas besar.
Peningkatan kapasitas tentunya berpengaruh pada kondisi blok mesin. Jika peningkatan kapasitas cukup tinggi, penggantian blok mesin pun diperlukan. Selain itu pilih liner yang lebih tebal sesuai dengan kapasitas yang Anda inginkan agar mesin tak pecah.
 "Misal ingin menaikkan kapasitas Honda Grand jadi 130cc, otomatis harus ganti blok mesin. Intinya jangan terlalu memaksakan bore up sampai liner jadi terlalu tipis, jika memang terpaksa ganti liner dengan yang lebih tebal," ucap Eko Basudewo dari Tamatech. Liner yang menipis berdampak pada naiknya suhu pada mesin dan tidak kuatnya dalam menahan kompresi.
Selanjutnya adalah pemilihan piston yang menjadi penggerak kendaraan. "Untuk ketahanan sebaiknya pilih piston dengan lapisan keramik, karena piston jenis ini mampu menahan panas yang cukup tinggi," ujar tambahnya. Tak hanya itu, pastikan saluran oli ke mesin mengalirkan dengan baik, bukan hanya mencegah mesin dari keausan tetapi juga menjaga mesin tetap dingin karena peningkatan suhu yang disebabkan peningkatan tenaga.
Terakhir pastikan dalam melakukan bore up, semua pemasangan dilakukan dengan rapi. Pemasangan yang kurang rapi tak hanya berisiko menimbulkan masalah berkelanjutan tetapi juga berisiko merusak mesin secara keseluruhan.
                                          (kpl/fid/rd)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda dalam memajukan blog ini.