Minggu, 24 Januari 2016

SETTING ALTITUDE HONDA PGM -FI.. KAPAN DAN MENGAPA ?

Injeksi memang motor  canggih, tapi bukan berarti tak boleh ‘disentuh’. Apalagi itu bisa dilakukan sendiribrosist, seperti setting altitude. Altitude membaca ketinggian(dataran) di mana motor sampeyan berada.  Kian tinggi datarannya makin tipis udara. Inilah yang memengaruhi kinerja electronic control unit terhadap air fuel ratio.
“Beda tinggi dataran, altitudenya perlu disetting ulang. Kolotidak, akan muncul gejala kurang enak. Bahkan makin nggak enak, bila motor biasanya sehari-hari di dataran rendah tiba-tiba diajak lama-lama di dataran tinggi,” buka Ariyanto, kepala mekanik Shinta Motor Banjarnegara, Jateng sambil menyebut ada 4 mode settingan yakni: mode 1 (0-2000 m dpl), mode 2 (2000-2500 m dpl), mode 3 (2500-3500 m dpl) dan mode 4 (diatas 3500 m dpl). Maksudnya ‘m’ ini adalah meter. Sedang  dpl adalah  diatas permukaan laut.
Beberapa motor yang perlu disetting altitudenya antara lain: Vario Tehno 125, Supra X 125 Helm In dan Spacy PGM F1. Sedang peraganya ini adalah Supra X125. “Untuk injeksi lain sudah ada fitur MAP dan IAT-nya, sehingga setiap ketinggian bisa disesuaikan otomatis,” sambung mekanik ramah itu lagi. Nah, umumnya standart bawaan motor ada di mode 1 (Jawa) lantaran datarannya tak lebih 2,000 meter di atas permukaan laut. 
Lebih dari itu setting ulang. Nah caranya mudah kok, “Untuk mode 1, pastikan kunci kontak OFF.  Lalu, cari posisi Data Link Connector (DLC)pada cover lampu depan (gbr-1), setelah ketemu lantas di jumper pakai kabel (gbr-2),” jelas Ari santai. Reporter sih tetap serius, wkwkwkkw… 
Gbr-4

Lalu, Buka handel gas secara penuh dan tahan pada posisi itu(gbr-3sambil putar kunci kontak ke posisi ON. Tapi ingat ya, mesin tidak dalam keadaan hidup. Nanti MIL (Multifunction Indicator Light) akan menyala kemudian berkedip dengan cepat (gbr-4). Setelah kira-kira 5 detik dari kedipan cepat tadi, tutup gas dan tahan selama kurang lebih 3 detik,”kata Ari sambil senyum. Mudah maksudnya ya?
Sedangkan untuk mode 2, 3 dan 4 adalah dengan cara melakukan hentakan handel gas dengan menutup dan membuka secara penuh,Jika dilakukan 2 kali itu untuk mode 2. Jika 3 kali ya  mode 3 dan 4 kali untuk mode 4. Menutup dan membuka gas tadi tidak boleh lebih dari 0,5 detik. Berarti silakukan dengan cepat. Sedang penutupan handel gas yang terakhir selama 3 detik,”ujar mekanik yang pernah juara kontes mekanik Honda Se Jateng ini.

Bila setelannya berhasil maka MIL akan berkedip berulang-ulang sesuai mode yang diinginkan. Terakhir, jangan lupa putar kunci kontak ke posisi OFF kembali. “Jika MIL belum berkedip sesuai mode diinginkan, artinya belum berhasil. Setting ulang dengan prosedur yang sama,” tutup Ari. 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas partisipasi anda dalam memajukan blog ini.